VISI

Menjadi Pusat Unggulan dalam Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Bidang Pendidikan Luar Biasa, Pengembangan dan Aplikasi Teknologi Pendidikan Luar Biasa serta Kewirausahaan.

MISI

Dalam kurun waktu lima tahun (2015-2020) Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar diharapkan:
1. Menyelenggarakan program pendidikan khusus yang profesional, handal, dan kompetitif yang menjunjung nilai-nilai kepribadian luhur.
2. Melakukan penelitian dan pengembangan tentang permasalahan-permasalahan pendidikan khusus.
3. Mengabdi dan bekerja sama dengan masyarakat, pemerintah, dan lembaga-lembaga pendidikan dalam membina dan mengembangkan pendidikan khusus.
4. Mengembangkan dan mengaplikasikan teknologi pendidikan khusus yang diperlukan untuk menopang peningkatan kualitas layanan pendidikan khusus.
5. Menyalurkan dan mengembangkan minat bakat kewirausahaan bagi mahasiswa.
6. Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang mempunyai wawasan kewirausahaan.

TUJUAN

Berdasarkan visi dan misi di atas, maka tujuan yang ingin dicapai oleh Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar adalah:
1. Menghasilkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan khusus yang memiliki wawasan keilmuan pendidikan khusus (Pendidikan Luar Biasa).
2. Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan khusus yang terampil dalam menangani pembelajaran dan pengelolaan pelayanan pendidikan bagi semua jenis Anak Berkebutuhan Khusus.
3. Menghasilkan Iptek di bidang Pendidikan Luar Biasa
4. Melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga dalam bidang pendidikan khusus.
5. Menghasilkan pendidika dan tenaga kependidikan yang mempunyai wawasan kewirausahaan