• Jl. Tamalate I Tidung Makassar
  • Call Us Today : plb@unm.ac.id

HMJ PLB FIP UNM MENGADAKAN KEGIATAN “BACA PLB 2017”

HMJ PLB FIP UNM MENGADAKAN KEGIATAN “BACA PLB 2017”

PLB- HMJ PLB FIP UNM melalui Bidang Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) melakukan kegiatan Basic Analysis Camp Pendidikan Luar Biasa (BACA PLB) dengan tema “Menjalin Silaturahmi dan Merekonstruksi Nilai-nilai Kelembagaan Malalui Basic Analysis Camp Pendidikan Luar Biasa”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lab Terpadu FIP UNM pada 20-22 Oktober 2017 dan dilanjutkan Outbond pada 18-19 November 2017 di Bantimurung SKB Maros yang diikuti oleh 98 mahasiswa baru PLB 2017, mahasiswa PLB angkatan 2016, mahasiswa PLB angkatan 2015, dan mahasiswa PLB angkatan 2014.

Basic Analysis Camp Pendidikan Luar Biasa 2017 merupakan pengganti Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) yang dinilai biasa dan sarat unsur senioritas. BACA PLB 2017 diisi dengan pemberian materi kerangka berpikir ilmiah, keorganisasian, metode persidangan, mahasiswa dan problem pokoknya, dan kesetaraan gender.

“Dalam kegiatan BACA PLB 2017 ini, yang ditekankan ialah bagaimana menjalin silaturahmi antarmahasiswa PLB dan memberikan nilai-nilai positif berupa contoh atau sikap yang baik bagi mahasiswa baru 2017 sehingga setelah kegiatan ini, mahasiswa bisa lebih tahu bagaimana nilai-nilai kebenaran, bagaimana nilai-nilai kebaikan itu yang diwujudkan dalam pergaulan, baik dalam ranah akademik, kaitan dengan dosen, maupun dengan sesama mahasiswa.” Tutur Ketua Jurusan PLB, Dr. Bastiana, M.Si. saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut, dosen PLB, Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd. menambahkan, “konsep atau program kegiatan outbond sebagai pelengkap materi ini, itu harus diset sedemikian rupa yang bisa diisi dengan kegiatan refresing dan bebas dari hal-hal yang tidak diinginkan sehingga semua pesan atau materi di kampus bisa menghasilkan nilai-nilai positif saat evaluasi nantinya. Kalau mahasiswa angkatan 2017 turun ke air, maka semua mahasiswa angkatan lain pun harus turun ke air. Inilah bentuk keadilan, kekeluargaan senasib sepenanggungan. Pendampjngan dari jurusan akan tetap ada.”

BACA PLB 2017 diharapkan terbentuk jiwa kepemimpinan mahasiswa yang adil, jujur, disiplin, serta bertanggung jawab melalui kegiatan yang berbasis alam.*

Sumber

HMJ PLB